Wednesday, January 13, 2010

Hikmah Tawakkal

Hikmah dari tawakkal salah satunya adalah membebaskan diri dari segala ketakutan, ketakutan akan gagalnya suatu usaha, dia juga menyingkirkan kekhawatiran dari kemiskinan dan segala bentuk keburukan.
Yang dituntut pada makhluq adalah untuk berusaha dalam koridor yang benar (secara syar'i) segala hasil yang muncul adalah kehendak Nya yang menentukan.
Jikalau kebaikan haruslah kita kembalikan padaNya, sehingga menimbulkan syukur.
Dan jika keburukan (dari kacamata manusia) maka juga kita kembalikan lagi padaNYa, sehingga akan menimbulkan kesabaran.

Ngga' perlu takut dan khawatir jika kerjaan merasa gagal, ujian tak lulus, kolega yang dengki, fitnah dari tetangga kanan-kiri, selagi kita berada pada jalur yang benar, niscaya ngga' akan memudharatkan segala jenis ujian itu, malah yang ada akan semakin mempertebal keimaman dan meningkatkan derajat diri.
Hanya makhluk manusia saja yang pusing dilanda krisis moneter, hanya manusia saja yang berpusing dengan investasi. Jika sampai karena dunia melenakan akan hidupnya, maka hilanglah segala kemulyaan yang disematkan padanya.

Dari Ibn Qayyim dijelaskan bahwa tawakkal adalah menjalankan semua sebab-sebab yang bisa mendatangkan terwujudnya suatu maslahat, dan kemudian menanggalkan ketergantungan kepada semua sebab-sebab itu tatkala menunggu hasil yang akan dipetik.

Bertawakkallah kepada dzat yang Maha Kaya dan Yang Abadi

Wallahua'lam

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home